Pembelajaran Outdoor untuk Menstimulasi Perkembangan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini

Authors

  • Rafa Maritza Universitas PGRI Semarang Author
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Belajar; outdoor; anak usia dini; berpikir kritis.

Abstract

Abstract

This study reviews outdoor learning that stimulates critical development in early childhood. The purpose of encouraging or stimulating critical thinking in children from an early age is to help children broaden children's knowledge, encourage curiosity, make children more independent in thinking, able to make decisions quickly and make sense, if a child who thinks critically will propose many questions and never take things for granted, this can make children get a lot of information, then can improve children's academic performance, and give children the ability to solve various problems. Learning in an outdoor environment is also a medium and means for children to solve problems, such as climbing games on nets, etc. Then in the external environment there are also various things, such as nature, animals, plants. It can make children's curiosity increase, children do not experience stress because they are always in the room. Children can share information and knowledge with each other, for example, they must love animals, feed them and not hurt animals. 

Keywords: Learning; outdoor; early childhood; critical thinking.

Abstrak

Penelitian ini mengulas tentang pembelajaran di luar ruangan atau outdoor yang menstimulasi perkembangan kritis pada anak usia dini.   Tujuan dari mendorong atau menstimulasi berpikir kritis pada anak sejak usia dini yaitu dapat membantu anak dalam memperluas pengetahuan anak, mendorong rasa ingin tahu, membuat anak menjadi lebih mandiri dalam berpikir, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan masuk akal, jika anak yang berpikiran kritis akan mengajukan banyak pertanyaan dan tidak pernah menerima begitu saja, hal demikian dapat membuat anak mendapatkan banyak informasi, kemudian dapat meningkatkan kinerja akademik anak, dan memberi kemampuan pada anak dalam memecahkan berbagai masalah. Pembelajaran pada lingkungan Outdoor pun menjadi salah satu media dan sarana untuk anak dapat memecahkan masalah, seperti permainan memanjat pada jaring-jaring, dsb. Kemudian di lingkungan luar juga terdapat berbagai hal, seperti alam, hewan, tumbuhan. Hal itu dapat membuat rasa ingin tahu anak meningkat, anak-anak tidak mengalami stress karena selalu berada dalam ruangan. Anak-anak dapat saling memberikan informasi dan pengetahuan, misalnya harus menyayangi hewan, memberikan makan dan tidak menyakiti hewan.  

Kata kunci: Belajar; outdoor; anak usia dini; berpikir kritis. 

Downloads

Published

2024-01-18