Stimulasi Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini

Authors

  • Oktavia Eny Sulistiawati Universitas PGRI Semarang Author
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Bahasa Ekspresif; Literasi; Kemampuan Bercerita; Boneka Tangan

Abstract

Abstract

The importance of Expressive Language skills for early childhood is as a communication tool as a form of social contact in expressing ideas or ideas and feelings by each individual. There are many methods that can help stimulate children's Expressive Language such as the literature method. The purpose of this study was to analyze theoretically how this method of telling stories using hand puppets can be used as a medium for stimulating expressive language skills. The literacy method is the ability to process and understand information when carrying out the process of reading, speaking, listening and writing in different ways according to its goals. By using simple sentences that are easy to understand, this method is able to have a significant positive impact. Some of the main benefits of using the story method in early childhood education include improving listening skills, improving speaking skills, expanding vocabulary, developing imagination and creativity, developing critical thinking skills, and increasing concentration and attention. This study examines the results of previous research related to how the storytelling method uses hand puppets as a medium for stimulating expressive language skills, helps control children's emotions, improves children's thinking power, trains children's fine motor skills, and trains hand-eye coordination.

Keywords: Expressive Language; Literature; Storytelling ability; Hand puppet

Abstrak

Pentingnya kemampuan bahasa ekspresif bagi anak usia dini yaitu sebagai alat komunikasi sebagai wujud dari kontak sosial dalam menyatakan gagasan atau ide-ide dan perasaan-perasaan oleh setiap individu. Terdapat banyak metode yang dapat membantu menstimulasi bahasa ekspresif anak seperti metode literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara teoretis bagaimana metode bercerita menggunakan boneka tangan ini dapat digunakan sebagai media stimulasi kemampuan Bahasa ekspresif. Metode literasi yaitu kemampuan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dipahami, metode ini mampu memberikan dampak positif yang signifikan. Beberapa manfaat utama dari penggunaan metode cerita dalam pendidikan anak usia dini antara lain meningkatkan kemampuan menyimak, meningkatkan kemampuan berbicara, memperluas kosakata, mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, serta meningkatkan konsentrasi dan perhatian. Penelitian ini mengkaji hasil-hasil penelitian terdahulu terkait dengan bagaimana metode bercerita menggunakan boneka tangan sebagai media stimulasi kemampuan bahasa ekspresif diperoleh bahwa media ini dapat menarik perhatian siswa dengan tingkah laku boneka yang beragam, membantu stimulasi anak dalam mengulang kembali cerita, memperkaya kosakata, menyampaikan gagasan, membantu mengontrol emosi anak, meningkatkan daya fikir anak, melatih motorik halus anak, serta melatih koordinasi mata dan tangan. 

 

Kata kunci: Bahasa Ekspresif; Literasi; Kemampuan Bercerita; Boneka Tangan

Downloads

Published

2024-01-18