Literasi Dasar Matematika Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Bermain Balok

Authors

  • Nur Hanifatul Rohmah Universitas PGRI Semarang Author
  • Ismatul Khasanah Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Literasi Matematika; Anak Usia Dini; Bermain Balok

Abstract

Abstract

Mathematical literacy is an ability that students must have in using mathematics to solve problems in various contexts. This study aims to describe the basic mathematical literacy of children aged 3-4 years through playing with blocks. This study used the literature study method by compiling several journals related to basic early childhood math literacy. The results of this study indicate that students have very important mathematical literacy skills because it contains important aspects so that they are able to express ideas, build and activate mathematical concepts, use reasoning power to produce an idea, and communicate every idea to interpret a solution to a problem effectively. 

Keywords: Mathematical Literacy; Early Childhood; Playing Blocks

Abstrak

Literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam menggunakan matematika untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi dasar matematika anak usia 3-4 tahun melalui bermain balok. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menggumpulkan beberapa artikel ilmiah berkaitan dengan literasi dasar matematika anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika sangat penting dimiliki oleh peserta didik karena didalamnya memuat aspek penting sehingga mereka mampu menuangkan gagasan, membangun serta mengaktifkan konsep matematika, menggunakan daya nalar untuk menghasilkan suatu ide, serta mengkomunikasikan setiap gagasan untuk menginterpretasikan sebuah solusi dari suatu permasalahan secara efektif.

Kata kunci: Literasi Matematika; Anak Usia Dini; Bermain Balok

Downloads

Published

2024-01-18