Analisis Penggunaan Big Book Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Lumhatun Na’imah Universitas PGRI Semarang Author
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Universitas PGRI Semarang Author
  • agung prasetyo Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Kemampuan berbicara; media pembelajaran; big book

Abstract

Abstract

Children's language skills are very influential on other aspects of children's development. The results of field observations found several symptoms, for example, there were children aged 4-5 years who communicated with incomplete or unclear words. In this study, it involved class teachers and accompanying teachers as well as class A children at one of RA Islamiyah Damarwulan Jepara. The method used in this research is descriptive qualitative method. Interviews, observations and documentation are used in data collection methods. The findings of this study indicate that to stimulate children's speaking ability can be done with good and interesting learning methods and media for children such as big books.

Keywords: Speaking ability; learning media; big book

Abstrak

Kemampuan bahasa anak sangat berpengaruh pada aspek-aspek perkembangan anak yang lain. Hasil observasi dilapangan ditemukan beberapa gejala seperti contoh adanya anak usia 4-5 tahun yang berkomunikasi dengan kata-kata yang belum lengkap atau tidak jelas. Dalam penelitian ini, melibatkan guru kelas dan guru pendamping serta anak kelas A di salah satu RA Islamiyah Damarwulan Jepara. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan dalam metode pengumpulan data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menstimulasi kemampuan berbicara anak dapat dilakukan dengan metode dan media pembelajaran yang baik dan menarik bagi anak seperti big book.

Kata kunci: Kemampuan berbicara; media pembelajaran; big book

Downloads

Published

2024-01-19