Analisis Implementasi Pendekatan Projek Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Untuk Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Sisilia Ninit Miranita Universitas PGRI Semarang Author
  • Anita Chandra Dewi Sagala Universitas PGRI Semarang Author
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Profil pelajar pancasila

Abstract

Abstract

The problem in this research is how to analyze implementation project approach in creating a Pancasila Student profile for children aged 5-6 years in Semarang Bunga Bangsa Kindergarten.This research method is descriptive qualitative. The research sample is students group B in TK Bunga Bangsa, totaling 14. The data in this study were obtained through observation, documentation and triangulation/combination.The results showed that in the project approach activities, children were able to demonstrate aspects of the Pancasila Student Profile: Faithful and devoted to God Almighty and Noble, Diversity in Diversity, Mutual Cooperation, Mandini, Criticism, and creativity in daily activities. Where these aspects are elements of the Pancasila Student Profile and also the availability of all facilities that support making Profiles Pancasila students are able to understand and attach to children well. Based on the results of this study the suggestions that can be conveyed are necessary there is socialization to parents of students in supporting P5 learning (Project of Strengthening Pancasila Student Profile)

 

Abstrak

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Menganalis implementasi pendekatan projek dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila anak usia 5-6 tahun di TK. Bunga Bangsa Semarang. Metode Penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Sampel penelitian yaitu siswa kelompok B di TK. Bunga Bangsa yang berjumlah 14. Data di dalam penelitian ini diperoleh melalui Observasi, Dokumentasi dan Triangulasi/gabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan pendekatan projek anak anak mampu menunjukkan aspek Profil Pelajar Pancasila : Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berahklak Mulia, Berkebhinekaan Tunggal, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan kreatif dalam kegiatan keseharian. Dimana aspek aspek tersebut merupakan elemen dari Profil Pelajar Pancasila dan pula tersedianya semua fasilitas yang mendukung membuat Profil Pelajar Pancasila ini mampu dipahami dan melekat pada anak dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah perlu adanya sosialisasi kepada orang tua murid dalam pendukung pembelajaran P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Downloads

Published

2024-01-20