Penggunaan Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Mo-torik Halus Anak Usia Dini
Keywords:
Anak usia dini; Motorik halus; Loose Part.Abstract
Abstract
Fine motor skills are the ability to coordinate and control small and precise movements that involve the use of small muscles, especially in the hands and fingers. Improve children's fine motor skills by using loose part media. This concept encourages creativity, exploration and problem solving. This research aims to improve children's fine motor skills by doing loose part play activities, by doing various loose part media activities, children can actively involve movement and sensory processing in forming number concepts, shape, or pattern. Loose part media in the form of colored paper, stones, buttons and other materials found in the game room. This researcher used a qualitative descriptive method. The research results show that the use of Loose Part media can improve children's fine motor skills and increase children's creativity and problem solving.
Keywords: Early childhood; fine motor; loose part.
Abstrak
Motorik halus adalah kemampuan koordinasi dan kontrol gerakan kecil dan tepat yang melibatkan penggunaan otot-otot kecil, terutama pada tangan dan jari. Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media loose part. Konsep ini mendorong kreativitas, eksplorasi, dan pemecahan masalah, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak dengan melakukan kegiatan bermain loose part, dengan melakukan berbagai aktivitas media loose part, anak-anak dapat secara aktif melibatkan gerakan dan pemrosesan sensorik dalam membentuk konsep angka, bentuk, atau pola. Media Loose part berupa kertas berwarna, batu, kancing dan material lain yang terdapat di ruang permainan. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Loose Part dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan meningkatkan kreativitas serta pemecahan masalah anak.
Kata Kunci: Anak usia dini; Motorik halus; Loose Part.