Penerapan Metode Kooperatif Dalam Pengembangan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Dwitya Anung Prayoga Universitas PGRI Semarang Author
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Anak Usia Dini; Metode Kooperatif; Karakter Anak Usia Dini

Abstract

Abstract

Along with the times and technology, this is one of the impacts of changes in attitude and character in children. Child development is characterized by changes in character that tend to be less social, minimal awareness of the surrounding environment, lack of empathy, emotional to imitate the aggressive behavior they see. The role of parents and educators is very necessary to guide and direct children to become a generation that has a positive attitude. The research method used is qualitative method. Based on the research conducted, the application of cooperative methods can help develop social, emotional and moral skills from an early age. This can be seen in Vygotsky's theory which states that cooperative methods are social activities that can affect the development of children's character. There are 7 children's characters, including: Love of God, Responsibility, Saying Wisely, Cooperation, Confidence, Humility, and Independence. Cooperative methods help children develop cooperation skills, communication, empathy for others, honesty, patience, confidence, critical thinking before doing something, help and be responsible in solving problems in a positive way. Thus, in modern times dominated by technology and the influence of globalization, the method of cooperative play is a solution to get used to instilling positive characters from an early age.

Keywords: Early Childhood; Cooperative Method; Early Childhood Character

Abstrak

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, hal tersebut menjadi salah satu dampak dari perubahan sikap dan karakter pada anak. Perkembangan anak ditandai dengan adanya perubahan karakter yang cenderung kurang bersosialisasi, minim menyadari keadaan lingkungan sekitar, kurangnya empati, emosional hingga meniru perilaku agresif yang mereka lihat. Peran orangtua dan pendidik sangat diperlukan untuk membimbing dan mengarahkan anak menjadi generasi yang memiliki attitude positif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dengan penerapan metode kooperatif mampu membantu mengembangkan keterampilan sosial, emosional dan moral sejak dini. Hal ini terlihat dalam teori Vygotsky yang menyatakan bahwa metode kooperatif merupakan aktivitas sosial yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak. Ada 7 karakter anak, meliputi: Cinta Tuhan, Tanggung Jawab, Berkata Bijak, Kerjasama, Percaya Diri, Rendah Hati, dan Mandiri. Metode kooperatif membantu anak dalam mengembangkan kemampuan kerjasama, komunikasi, rasa empati kepada orang lain, kejujuran, kesabaran, percaya diri, berpikir kritis sebelum melakukan sesuatu, tolong menolong serta bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang positif. Dengan demikian, pada zaman modern yang di dominasi oleh tekonologi dan pengaruh globalisasi, metode bermain kooperatif menjadi solusi untuk membiasakan menanamkan karakter positif sejak dini.

Kata kunci: Anak Usia Dini; Metode Kooperatif; Karakter Anak Usia Dini

 

Downloads

Published

2024-01-20