Kegiatan Unplugged Coding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis Anak Usia Dini

Authors

  • Mutoharoh Mutoharoh Universitas PGRI Semarang Author
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang Author
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Hariyanti Universitas PGRI Semarang Author

Keywords:

Unplugged Coding; Critical logical thinking

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis anak usia dini melalui kegiatan Unplugged Coding. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data     berupa perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi.  Penelitian ini dilaksanakan di Semester II pada bulan Februari-Maret 2023.  Subjek penelitian ini adalah anak didik TK Shafa Marwah tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10 anak. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dari hasil observasi. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Dari hasil akhir dengan menggunakan kegiatan Unplugged Coding  dengan dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan berpikir logis dan kritis  anak diantara anak didik mencapai 20 % pada siklus pertama dan 80 % pada siklus kedua indikator kinerja tercapai. Hasil hipotesis yang berbunyi Kegiatan Unplugged Coding dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis pada anak usia 5-6 tahun di TK Shafa Marwah Serang-Banten tahun pelajaran 2022/2023 dan berdasarkan hasil akhir tersebut maka hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis dan kritis pada anak usia dini di TK Shafa Marwah dapat ditingkatkan melalui kegiatan Unplugged Coding. Maka dari itu guru perlu menyusun kegiatan main Unpluuged coding yang beragam agar stimulasi aspek perkembangan kognitif anak yakni berpikir logis matematis dapat berkembangan.

Kata Kunci: Unplugged Coding; Berpikir logis kritis

 

Abstract

The aim of this research is to improve the logical and critical thinking skills of young children through Unplugged Coding activities. This type of research is classroom action research and data collection     form planning, action or action, observation And reflection. This research was carried out in Semester II in February-March 2023. The subjects of this research were 10 students of Shafa Marwah Kindergarten for the 2022/2023 school year. The research procedure uses action research class consisting of two cycles. Each cycle consists of four stages, namely (1) planning, (2) action, (3) observation, (4) reflection on the results observation. Each cycle is held three times. From the final results using the Unplugged Coding activity with two cycles, it was obtained that the results of increasing children's logical and critical thinking abilities among students reached 20% in the first cycle and 80% in the second cycle, performance indicators were achieved. The results of the hypothesis state that Unplugged Coding activities can improve logical and critical thinking skills in children aged 5-6 years at Kindergarten Shafa Marwah Serang-Banten 2022/2023 academic year and based on the final results, the hypothesis proposed is accepted as correct. Therefore, the results of the research can be concluded that the logical and critical thinking skills of young children at Shafa Marwah Kindergarten can be improved through Unplugged Coding activities . Therefore, teachers need to organize various Unplugged coding play activities so that the stimulation of aspects of children's cognitive development, namely mathematical logical thinking, can develop .

Keywords: Unplugged Coding; Critical logical thinking

 

Downloads

Published

2024-01-22