Meningkatkan Minat Baca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita
Keywords:
minat baca, metode bercerita, anak usia diniAbstract
Abstract
Storytelling is an activity carried out by someone to convey a message, information or a fairy tale, which can be done orally or in writing. The way the story is told can be done using props or without props. Storytelling is a universal communication method that has a profound effect on the human spirit. Through good stories, children actually not only get pleasure or entertainment, but also get a much broader education. It is not even an exaggeration to say that stories touch various aspects of a child's personality formation and storytelling is an effective way to foster children's interest in reading. . So in this research children's interest in reading can be increased through the storytelling method. This research uses qualitative methods by collecting data through surveys. Interest is not an innate factor, but a learned factor. The growing interest and habit of reading, especially in children, cannot come from outside by itself, so it is necessary to develop the habit and introduce reading. The role of teachers and people around children greatly influences children's love of reading. Children who like to read often have parents and teachers who are able to guide them in reading. In early childhood, the desire to read can be fostered by providing good examples. At an early age, children like to imitate the attitudes and behavior of people they admire.
Keywords : reading interest; storytelling method; early childhood
Abstrak
Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan, informasi atau sebuah dongeng belaka, yang bisa dilakukan secara lisan atau tertulis. Cara penuturan cerita tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan alat peraga atau tanpa alat peraga. Bercerita adalah metode komunikasi universal yang sangat berpengaruh kepada jiwa manusia. Melalui cerita yang baik, sesungguhnya anak-anak tidak hanya memperoleh kesenangan atau hiburan saja, tetapi mendapatkan pendidikan yang jauh lebih luas, bahkan tidak berlebihan bila dikatakan bahwa cerita ternyata menyentuh berbagai aspek pembentukan kepribadian anak dan mendongeng merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan minat baca anak. Maka pada penelitian ini minat baca pada anak dapat meningkat melalui metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui survey. Minat bukanlah faktor bawaan, tetapi faktor yang dipelajari. Tumbuhnya minat dan kebiasaan membaca khususnya pada anak tidak bisa datang dari luar dengan sendirinya, sehingga perlu menumbuhkan kebiasaan dan memperkenalkan membaca. Peran guru dan orang sekitar anak sangat mempengaruhi kegemaran membaca anak. Anak yang suka membaca seringkali memiliki orang tua dan guru yang mampu membimbing dalam membaca. Pada anak usia dini, keinginan untuk membaca dapat ditumbuhkan dengan memberikan contoh yang baik. Pada masa usia dini, anak-anak suka meniru sikap dan perilaku orang yang mereka kagumi.
Kata kunci : minat baca; metode bercerita; anak usia dini